This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Baris Video

Loading...

Rabu, 01 Maret 2017

AIRBNB, SALAH SATU ECONOMY SHARING YANG HARUS DISIMAK SAMA STUDENTS NIH...!


Dunia memang akan selalu berubah disetiap masanya. Perubahan yang bisa diakibatkan karena banyak faktor ini harus mau tak mau dihadapi manusia dengan baik dan bijak. Dan salah satu bentuk perubahan yang terjadi karena waktu tersebut adalah bisnis. Ya saat ini bisnis memang banyak mengalami perubahan.
Dengan adanya teknologi, keberadaan bisnis memang telah banyak berubah. Jika dulu bisnis hanya bisa dijalankan dengan membuka toko dan mendekati konsumen secara langsung maka kini para pengusaha bisa menjalankannya hanya bermodalkan laptop dan jaringan #internet. Begitu mudahnya pekerjaan bisnis ini membuat banyak dampak pada konsumen dan pasar.

Sebuah contoh dampak yang muncul dari perubahan bidang bisnis ini adalah adanya penurunan jumlah penjualan. Seperti kita tahu bahwa ada beberapa perusahaan asing yang telah hengkang dan angkat koper dari Indonesia. Kita sebut saja perusahaan otomotif Ford atau KIA yang sudah tak ada lagi di Indonesia. Ini tentu bukan perkara biasa. Pasalnya hengkangnya dua perusahaan ini bukan tidak ada sebab. Dan mengapa perusahaan ini kemudian tutup.

Diketahui bahwa hal ini dikarenakan oleh adanya penurunan jumlah penjualan yang sangat berarti. Penurunan daya beli masyarakat yang terjadi selama ini menurut banyak ahli diakibatkan karena adanya pelemahan ekonomi global. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata penurunan daya beli masyarakat ini lebih diakibatkan karena munculnya sebuah fenomena sharing economy.

Apa itu fenomena sharing economy? Sharing economy atau disebut juga collaborative consumption adalah sebuah bentuk model bisnis baru yang didasarkan pada konsep berbagi sumber daya (shared resources). Dari kemampuan untuk berbagi inilah membuat konsumen mendapatkan akses terhadap barang atau jasa yang mereka butuhkan. Maka alih-alih harus membelinya barangnya para konsumen ini lebih baik mencari layanan sharing economy yang ada ketika membutuhkannya.

AirBnB merupakan layanan online yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Dengan kata lain, saat kamu sedang traveling dan membutuhkan penginapan, kamu bisa memesannya melalui AirBnB. Bagi pemilik kamar, apartemen ataupun rumah, ini bisa jadi penghasilan tambahan. Dan bagi pengguna/tamu, ini bisa jadi salah satu alternatif untuk mendapatkan local experience dan akomodasi yang lebih murah dibandingkan menginap di hotel.


Perusahaan in sudah tersebar di 191 negara dan memiliki list lebih dari 1.500.000 list yang diambil dari 34.000 kota di 191 negara tersebut. AirnB menggunakan sistem Sharing Economy dimana anggota di dalamnya bisa menyewakan tempat tinggal atau ruangan yang tidak terpakai untuk disewakan. Bagi mereka yang sedang bepergian ke luar kota atau sedang dalam perjalanan dan ingin menghemat banyak biaya, tentu lebih memilih tempat di AirnB daripada di hotel. Ada banyak kelebihan lain seperti mendapatkan teman atau relasi baru.

Mereka yang menyediakan jasa atau tempat di AirnB ini juga terus berbenah sehingga dari tadinya bisnis penginapan hanya dikuasai oleh hotel, motel, guest house, dan lain sebagainya, kini bisa dirasakan oleh semua orang yang memiliki ruangan atau tempat tinggal yang tidak dipakai. Tentunya, disinilah konsep Sharing Economy dari AirnB.

Sistem AirBnB sangat fleksibel. Pemilik akomodasi bisa menyewakan sebuah kamar seperti sistem BnB tradisional, ataupun menyewakan seluruh rumah/apartemen. Ketika kamu mencari kamar untuk AirBnB, kamu diberikan pilihan untuk memfilter hasil pencarian akomodasi jika memang kamu lebih memilih untuk menyewa seluruh apartemen. Demikian juga sebaliknya. Jika kamu memilih untuk menyewa hanya sebuah kamar di rumah seseorang, biasanya lebih murah karena harus berbagi fasilitas/ruang dengan pemiliknya.


Setelah kamu booking akomodasi berupa keseluruhan rumah/unit apartemen di AirBnB, pemiliknya akan menghubungi kamu untuk memberikan instruksi mengenai prosedur check-in nya. Biasanya pemilik akomodasi akan menunggu di dalam apartemen hingga kamu datang. Kamu cuma tinggal mengetuk pintu dan mereka akan membukakan pintu serta memberikan kunci sambil memberikan tur singkat mengenai fitur-fitur yang ada di rumah/apartemen tersebut. Kadang-kadang juga kamu akan diminta untuk sms dulu sebelum tiba (melalui fungsi message di dalam aplikasi AirBnB) supaya mereka bisa memperkirakan jam berapa kamu akan tiba. Berdasarkan pengalaman kami pribadi beberapa kali menggunakan AirBnB sih tidak pernah ada masalah untuk check-in.


Saat ini di Indonesia sampai sejauh ini, sudah banyak rumah, villa, dan apartemen yang disewakan. Khususnya di kota-kota besar dan kota wisata. Seperti Bali, Lombok, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Sharing Economy ini memang lebih pada perusahaan berbasis aplikasi atau startup karena memang memanfaatkan teknologi untuk bisa beroperasi. Hal ini dikarenakan teknologi dan internet sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Disini pula pentingnya untuk memanfaatkan sistem Sharing Economy dalam bisnis Anda.

Tentu, jika yang Anda maksud adalah mendirikan perusahaan dengan konsep Sharing Economy, Anda akan membutuhkan modal besar dan bisa saja ada yang menawarkan kredit multiguna kepada Anda. Tapi, untuk memanfaatkan Sharing Economy, Anda tidak membutuhkan banyak modal hanya modal dari yang sudah Anda miliki seperti di AirnB Anda memanfaatkan Sharing Economy dengan menyewakan tempat tinggal atau ruangan tak terpakai.


















Minggu, 23 Oktober 2016

STUDENTS, YUK SIMAK EVENT KEREN BERIKUT INI ( BANDUNG ICT EXPO & ANJA 2016 )

STUDENTS, YUK SIMAK EVENT KEREN BERIKUT INI ( BANDUNG ICT EXPO & ANJA 2016 )



" Picture Credit to : http://www.bandungictexpo.com/ "



Haloo Guys, Telkom University baru saja merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke 3 nih, dan dalam agenda perayaan HUT Telkom University terdapat satu event yang jangan sampai kalian lewatkan nih, yaitu Bandung ICT Expo & ANJA 2016 yang diselenggarakan oleh Telkom Digital Services & Telkom University di Telkom University Convention Hall. 




Diadakannya Expo ini adalah karena banyaknya kebutuhan masyarakat Indonesia yang meliputi berbagai aspek dengan penggunaan yang didukung oleh teknologi informasi. Kesadaran masyarakat pun lebih meningkat sejak munculnya Asean Economic Community ( MEA ) pada tahun 2015 silam.



Teknologi sangat berperan dalam menunjang suksesi pelaku ekonomi digital. dengan diadakannya acara ini, diharapkan masyarakat terutama para pelaku ekonomi dan ekonomi digital menyadari pentingnya teknologi informasi serta menggali wawasan tentang informasi digital dan bersiap dalam persaingan teknologi secara global.

Kamis, 15 September 2016

AUTOBIOGRAPH

AUTOBIOGRAPH


Haloo guys, namaku Rizki Eka, biasa dipanggil Eka ( di kampus ) dan mangki ( di rumah ). Aku lahir di Yogyakarta, tanggal 18 Agustus 1995. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Adikku seorang perempuan yang agak tomboy, hobinya main drum.


Saat umur 6 Tahun aku bersekolah di SD Sains Al Biruni karena aku menyukai mata pelajaran Biologi. saat berumur 13 Tahun, aku bersekolah di SMP Negeri 28 Bandung dan saat berumur 16 Tahun aku bersekolah di SMA Taruna Bakti Bandung. Setelah bersekolah, aku melanjutkan ke jenjang kuliah di Universitas Telkom jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika tahun 2014.


  Hobiku bermain drum dan berenang. Aku memiliki sebuah band yang dikembangkan sejak masih mahasiswa baru. Aku  memiliki sebuah mimpi yakni memiliki usaha cafe dan studio musik yang menyatu dalam satu bangunan, selain itu, aku ingin melanjutkan pendidikan ku ke jenjang pascasarjana kelak suatu saat nanti.

Rabu, 14 September 2016

STUDENTS, YUK ATUR KEUANGAN BULANANMU DENGAN CARA INI

STUDENTS, YUK ATUR KEUANGAN BULANANMU DENGAN CARA INI








" Picture Credit to : 
http://money.usnews.com/money/blogs/the-frugal-shopper/articles/2016-01-08/5-painless-ways-to-save-money "




Sudah sewajarnya sebagai seorang mahasiswa mempunyai anggaran pengeluaran tiap bulannya, selain karena tugas atau kegiatan perkuliahan, tentu kalian juga ingin memanjakan diri kalian dengan berbelanja atau mencicipi kuliner yang kalian inginkan. Bingung bagaimana cara mengatur anggaran keuangan bulananmu ? simak yuk tips berikut ini..

 



1. Gunakan Kebutuhan Internet Dengan Bijak




" Picture Credit to : http://blog.advaoptical.com/wireless-charging-is-our-smartphone-finally-untethered "


Di era teknologi informasi ini, pasti banyak dong yang suka mengakses internet ? tapi jangan salah, bagi kamu yang belum memiliki fasilitas wifi di tempat tinggalmu, yuk gunakan internet dengan bijak. Maksimalkan area - area wifi di sekitar kampusmu.






2. Sisihkan 30 % Uang Saku Untuk Ditabung



" Picture Credit to : 
http://www.cheatsheet.com/personal-finance/which-generation-is-worst-at-saving-enough-for-retirement.html/?a=viewall "


Berdasarkan hukum ekonomi, sisihkan 30% penghasilan (dalam hal ini uang saku) untuk ditabung. Jadi, misalnya suatu saat ada biaya tak terduga yang benar-benar darurat, kamu bisa gunakan uang tabungan tersebut.



3. Catan Pengeluaran Dalam Periode Tertentu 

http://go.preciseleads.com/lead-management-budget "


Catat segala macam pengeluaran. Periodenya bisa kamu sesuaikan, bisa setiap hari, dua hari, bahkan seminggu sekali. Dengan begini, kamu lebih tahu secara jelas, kemana 'perginya' uang tersebut.


4. Temukan Pemasukan Tambahan Dari Berbisnis Sampingan

" Picture Credit to : http://www.signsofintelligence.net/services/graphic-design/ "

Supaya uangnya malah jadi bertambah, coba aja berbisnis kecil-kecilan, buka online shopmisalnya. Mahasiswa kan waktunya cenderung lebih fleksibel daripada orang yang sudah bekerja. Lihat saja peluang bisnis yang memerlukan modal awal yang minim, atau bahkan enggak pakai modal sama sekali.



Yuk sebagai mahasiswa yang cerdas dan kekinian, kita harus bisa mengatur keuangan kita sendiri, semoga sukses bro !

STUDENTS, INI BISNIS SAMPINGAN YANG WAJIB KAMU COBA

STUDENTS, INI BISNIS SAMPINGAN YANG WAJIB KAMU COBA








" Picture Credit to : 
http://webguymarketing.com/blog/3-tips-for-college-students-looking-to-start-a-business-while-in-school "




Masa-masa menjadi mahasiswa adalah saatnya kamu mengasah beragam keahlian. Nggak hanya dalam hal akademis, tapi juga dalam skill untuk bertahan hidup. Urusan bertahan hidup ini akan jadi lebih maksimal jika kamu punya keinginan atau bahkan berjiwa dagang. Dengan modal yang terjangkau dan waktu yang fleksibel, tentu kamu bisa lakukan. Tertarik mencoba? Langsung disimak ya!

 



1. Bisnis Pulsa dan Paket Kuota Smartphone




" Picture Credit to : http://blog.advaoptical.com/wireless-charging-is-our-smartphone-finally-untethered "


Bisnis yang satu ini bisa dibilang sudah familiar buatmu yang masih mahasiswa. Nggak banyak menyita waktu dan mudah untuk mengelolanya. Modalnya pun ramah di kantong. Cukup siapkan dana minimal Rp 50 ribu – Rp 100 ribuan, maka kamu sudah bisa membuka lapak pulsamu. Untuk urusan promosi, bisa melalui akun sosmed atau dari mulut ke mulut. Bermula dengan menjaring konsumen satu kelas dan nggak menutup kemungkinan bisa menyebar seisi fakultas. Dari bisnis pulsa ini, keuntungannya bisa kamu gunakan untuk nambah uang jajan.






2. Bisnis Reseller Makanan dan Minuman Ringan



" Picture Credit to : 
http://www.bridestory.com.ph/jelemons-pastry/projects/snack-corner-for-rei-gathering "


Carilah agen makanan ringan yang murah di sekitar kampus mu dan cobalah membeli dalam jumlah banyak, jangan lupa perhitungkan strategi penjualannya ya !



3. Jasa Print, Percetakan dan Jilid Dengan Tarif Mahasiswa 

" Picture Credit to : http://www.starcopierinc.com/ "


Meskipun jaman sekarang banyak tugas yang dikirim melalui Email Dosen, tak sedikit juga dosen yang meminta tugas dalam berwujud kertas print atau jilid, dengan bermodalkan printer dan alat tulis kantor, bisnis ini patut dicoba bro.


4. Jasa Desain Grafis dan Web 


" Picture Credit to : http://www.signsofintelligence.net/services/graphic-design/ "

Tidak sedikit juga mahasiswa yang membutuhkan jasa ini, dengan berbekal skill yang dapat dipelajari di internet dan sebuah laptop, serta koneksi internet, bisnis ini bisa kamu coba.



Dunia kampus memiliki peluang bisnis yang sangat tinggi, banyak pengalaman yang dapat dipelajari dan dikembangkan dalam hal berbisnis ini, semoga sukses selalu bro !

HAL - HAL YANG BAKAL KAMU KANGENIN SAAT BERHENTI MENGIKUTI KEGIATAN ORGANISASI

HAL - HAL YANG BAKAL KAMU KANGENIN SAAT BERHENTI MENGIKUTI KEGIATAN ORGANISASI 








" Picture Credit to : 
http://www.furman.edu/studentlife/campuslife/gettinginvolved/Pages/StudentOrganizations.aspx "





Menjadi Organisator ? Hmm.. apa sih yang ada di benak kalian ? Kece ? Keren ? , Yup, bagi sebagian mahasiswa baru, menjadi organizator terlihat keren, mereka sibuk mondar mandir kesana kemari tanpa digaji demi mengisi kekosongan waktu kuliah mereka. Namanya juga relawan, kerjanya pasti nggak digaji. Meskipun begitu, pengalamannya nggak bisa dibeli. Kangen dengan masa organisasi ? itu pasti, simak berikut ini yuk bro !

 

1. Ketika Pertama Berbicara di Depan Khalayak Dengan Tangan Berkeringat Dingin




" Picture Credit to : http://expertpublicspeakercoach.com.au/nerves "


Eksis sewaktu SMA ngga menjamin kita bisa eksis di kampus. Bertemu dengan Kakak angkatan yang bisa bikin kita gugup ketika berbicara di depan umum merupakan pengalaman pertama saat mengikuti organisasi.






2. Mempertahankan Argumen Saat Rapat Organisasi



" Picture Credit to : http://expertpublicspeakercoach.com.au "


Berbeda pendapat saat rapat ? Hmm.. itu sih hal biasa di organisasi. Asalkan debatnya jangan sampe baper aja yaa guys. 



3. Kangen Pulang Malem Bareng, Makan Sambil Nongkrong Setelah Rapat

" Picture Credit to : http://campanakkost.blogspot.com/2015/12/tempat-tongkrongan-anak-kost-di-kota.html "


Nah ini nih anak organisasi..tau kan kalau rapat bisanya diatas jam 6 sore karena banyak yang jadwalnya bentrok satu sama lain..dan itu masih banyak yang terlambat jadi harus nunggu sampai banyak yang dateng..otomatis rapat kalian bakal mundur dan pulang larut malam.
Nah selama rapat itu kalian juga belum makan, pasti setelah rapat kalian tetep harus nongkrong dulu untuk mengisi perut setelah tenaga terkuras habis dirapat tersebut.


4. Cinta Lokasi di Organisasi Atau Kepanitiaan 


" Picture Credit to : https://openclipart.org/detail/221442/romance-at-dusk "


Namanya juga anak muda, gejolak darah muda yang masih menggebu - gebu, di setiap akhir artikel pasti ngebahas cinta. Yap, bertemu dan beraktivitas bersama - sama dengan lawan jenis, siapa sih yang ngga baper ? apalagi kalo saling cocok wah udah itu mah namanya Cinlok hehehe..



Dunia kampus sangatlah luas, banyak pengalaman yang dapat dipelajari dan dikembangkan dalam hal ini, semoga sukses selalu bro !

ALASAN MENGAPA KAMU WAJIB IKUT ORGANISASI VOLUNTEER

ALASAN MENGAPA KAMU WAJIB IKUT ORGANISASI VOLUNTEER








" Picture Credit to : http://newdigsministry.org/volunteer/ "






Namanya relawan, kerjanya pasti nggak digaji. Meskipun begitu, pengalamannya nggak bisa dibeli. Nggak percaya? cek disini yuk bro !


1. Silaturahmi 




" Picture Credit to : http://www.nhs.uk/Livewell/volunteering/Pages/Volunteeringhome.aspx "


Teman baru hal yang mutlak ketika kalian berada di lingkungan baru. Untuk yang kebetulan bergabung di organisasi kerelawanan internasional, bukan hanya relawan lokal, kalian akan bertemu dengan relawan asing. Yang biasanya berjuang biar bisa dapet foto sama bule, dengan bergabung di organisasi kerelawanan internasional jangankan sekadar foto, kalian bisa ngobrol dekat sama mereka. Bahkan bisa juga belajar budaya dan bahasanya.






2. Memupuk Rasa Peduli Terhadap Sekitar





peduli via http://google.co.id


Relawan biasanya memiliki jiwa sosial tinggi. Otomatis memiliki kecenderungan lebih peka dibanding mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk kesenangannya sendiri. 



3. Membuka Pikiran Diri Sendiri Dengan Orang Lain

Image result


" Picture Credit to : http://www.hawthornlakebuenavista.com/groups-meeting-events/student-groups/ "


Dengan menjadi relawan, kalian akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Dan keberagaman biasanya membuat orang tidak kaku dan bisa menerima perbedaan yang ada.


4. Mengunjungi Tempat Baru Yang Belum Pernah Kamu Kunjungi


" Picture Credit to : http://www.thecounterintuitive.com/destinations/asia/thailand/volunteering-at-the-elephant-nature-park/ "


Kata relawan selalu identik dengan bencana alam. Kenyataannya, relawan sangatlah luas, selalu identik dengan hal apapun yang bersifat bakti sosial dalam bidang pendidikan, alam, seni, dan sebagainya bro.



Dunia kampus sangatlah luas, banyak pengalaman yang dapat dipelajari dan dikembangkan dalam hal ini, semoga sukses selalu bro !